Cara Memulai Menggunakan Google Search Console untuk SEO

Cara Memulai Menggunakan Google Search Console untuk SEO

Google Search Console adalah layanan gratis yang akan membantu memantau serta mempertahankan keberadaan situs web dalam hasil pencarian Google. Tidak perlu mendaftar ke Search Console untuk muncul di hasil pencarian, tetapi melakukan hal ini akan membantu dalam pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Google melihat situs web dan bagaimana mengoptimalkan situs web Anda sehingga berkinerja lebih baik dalam hasil pencarian.

Search Console dapat melakukan banyak hal bagi siapa saja yang memilih untuk menggunakannya — ini bagus untuk pemilik bisnis jasa seo yang mendelegasikan tugas, spesialis dan pemasar SEO, administrator situs web, pengembang web, serta pengembang aplikasi.

Konsol pencarian akan optimalkan situs web anda dan membantu untuk memantau lalu lintas situs web, mengoptimalkan peringkat, dan membuat keputusan yang disarankan tentang penampilan hasil pencarian situs web. Informasi yang ditemukan dalam Search Console juga akan dapat memengaruhi keputusan teknis apa pun untuk situs web, serta melakukan analisis pemasaran bersama alat Google lainnya. Manfaatkan opsi perawatan situs web jadi pastikan penyesuaian terjadi dengan lancar.

google console

Ini juga akan memberikan wawasan kepada pengembang aplikasi dengan memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan aplikasi dengan mudah dalam dunia situs web.


Dimungkinkan untuk menambahkan hingga 1.000 properti ke akun Anda, baik untuk aplikasi seluler maupun situs web. Langkah-langkah ini akan membantu Anda memulai menggunakan Search Console di situs web Anda.

Anda harus memastikan untuk solusi web halaman 1 google dengan menambahkan setiap variasi URL root situs web Anda. Ini harus mencakup versi www dan non-www, serta semua variasi subdomain. Ketika sebuah situs web ditambahkan ke Search Console, itu kemudian disebut sebagai properti — ini adalah alasan bahwa Search Console mendukung aplikasi dan situs web.

Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi situs web. Ini membuktikan bahwa Anda adalah pemilik situs web yang sebenarnya. Sebelum diverifikasi, Anda tidak akan dapat mengakses data apa pun dari Search Console. Situs yang dihosting oleh Google (Blogger, dll.) Diverifikasi secara otomatis. Verifikasi tidak memengaruhi PageRank atau kinerja situs web di halaman hasil pencarian Google.

Jika situs web Anda meng-host domain www dan non-www, Anda harus menentukan versi situs web mana yang kanonik.

Anda kemudian dapat menambah atau menghapus pengguna yang dapat melihat data Anda. Mereka akan dapat membaca data Search Console untuk situs web, dan mereka akan dapat mengubah pengaturan situs dalam Google Search. Perlu dicatat bahwa ada jumlah maksimum pengguna per properti.

Anda perlu memberi tahu Google jika Anda menargetkan negara tertentu dengan seluruh situs Anda, atau bahkan hanya bagian tertentu dari situs web.

Luangkan waktu Anda untuk membaca dan memahami pedoman webmaster. Anda harus memastikan untuk mengikuti praktik terbaik yang akan memungkinkan Google untuk merayapi dan mengindeks halaman web Anda dan kemudian memeringkatnya sesuai kebutuhan — selama Anda tidak melanggar salah satu pedoman kualitas.

Sebagai opsi, Anda dapat mengirimkan peta situs serta file robots.txt untuk membantu Google memahami halaman mana di situs web Anda yang harus atau tidak dirayapi.

Terakhir, Anda perlu mempelajari cara memonitor situs web Anda dan hasil pencarian dalam Search Console. Jika situs web telah dirancang dengan baik, Anda tidak perlu memeriksa data ini terlalu sering, dan berkali-kali Google akan memberi tahu pemilik situs web jika ada masalah.
Untuk menambahkan properti situs web ke konsol pencarian Anda, Anda harus melakukan yang berikut:


Di halaman beranda Search Console , pilih Add a Property dan ketik URL situs web atau bagian dari situs web yang Anda inginkan data untuk. Anda harus menentukan URL persis seperti apa yang ada di browser, termasuk final / tanda. Pilih Lanjutkan untuk membuka halaman Verifikasi Situs.

Anda harus memilih metode verifikasi pilihan Anda yang akan membuktikan bahwa Anda adalah pemilik situs web dengan mengikuti instruksi pada halaman itu.

Jika situs web Anda adalah yang mendukung lebih dari satu protokol (http dan https), masing-masing harus ditambahkan sebagai situs web terpisah. Juga, jika Anda mendukung lebih dari satu domain, masing-masing domain harus ditambahkan sebagai situs web terpisah.

MEMVERIFIKASI KEPEMILIKAN SITUS WEB


Verifikasi adalah ketika Anda membuktikan bahwa Anda adalah pemilik situs web atau aplikasi yang Anda klaim miliki. Kepemilikan perlu dikonfirmasi karena setelah diverifikasi, Anda akan memiliki akses ke data pribadi dari Google Penelusuran, serta memiliki kendali atas bagaimana Google Penelusuran merayapi situs web.

Istilah “properti” di Search Console merujuk ke situs web atau aplikasi yang Anda miliki. Anda dapat meminta tindakan pada properti seperti meminta perayapan, atau melihat data untuk properti, seperti kesalahan perayapan atau statistik.

Verifikasi akan mengaitkan pengguna dengan properti — setiap properti Search Console membutuhkan setidaknya satu pemilik terverifikasi. Situs web atau aplikasi apa pun dapat ditambahkan sebagai properti di Search Console, tetapi tidak dapat digunakan sampai kepemilikannya diverifikasi.

Untuk memverifikasi situs web, Anda akan menambahkan situs web baru , atau Mengelola properti yang ada dari halaman beranda Search Console . Anda harus memilih salah satu metode verifikasi dan mengikuti instruksi. Tidak semua properti dapat menggunakan semua metode verifikasi — halaman tersebut akan mencantumkan metode yang direkomendasikan untuk situs web Anda. Beberapa orang dapat menambah dan memverifikasi situs web secara terpisah, menggunakan metode yang sama atau lainnya. Jika metode yang sama digunakan, pastikan Anda tidak menimpa verifikasi pemilik lain.

Google akan memeriksa validasi verifikasi secara berkala. Jika verifikasi tidak dapat dikonfirmasi, izin untuk properti itu pada akhirnya akan berakhir. Untuk properti, jika semua pemilik yang diverifikasi kedaluwarsa, semua pemilik, pengguna, dan rekan akan kehilangan akses ke properti Search Console. Catatan: meskipun ada kesenjangan dalam verifikasi pemilik, tidak akan ada kesenjangan dalam pengumpulan data.

Untuk mengubah metode verifikasi, pada halaman beranda Search Console, Anda akan memilih properti yang Anda inginkan. Pilih ikon roda gigi, lalu pilih Pengguna & Pemilik Properti. Pilih Kelola pemilik properti, lalu Verifikasi menggunakan metode yang berbeda. Anda sekarang akan memverifikasi properti menggunakan metode baru.

Kesalahan paling umum dalam verifikasi adalah: koneksi ke waktu server habis, terlalu banyak pengalihan untuk permintaan unduhan, kesalahan mencari domain situs web, respons yang tidak valid dari server, ada kesalahan internal, dan Google tidak dapat terhubung ke server. Banyak dari kesalahan ini disebabkan oleh masalah dengan server.

Untuk menerima data aplikasi, Anda harus menambahkan properti ke akun Google Search Console, dan kemudian memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik aplikasi. Ada dua cara untuk memverifikasi aplikasi; satu jika Anda memiliki hak manajemen di Google Play untuk aplikasi, dan satu jika Anda tidak. Jika Anda tidak memiliki hak manajemen melalui Google Play, Anda harus meminta pemilik properti aplikasi yang diverifikasi untuk menambahkan Anda sebagai pemilik atau pengguna ke properti aplikasi.

KELOLA PEMILIK, PENGGUNA, DAN IZIN
Pemilik properti memiliki kontrol total dalam Search Console. Mereka akan dapat menambah dan menghapus pengguna, mengedit pengaturan, melihat semua data, dan menggunakan semua alat. Dua jenis pemilik (diverifikasi dan didelegasikan), meskipun tidak ada perbedaan yang terlihat dalam Search Console.

Properti harus memiliki setidaknya satu pemilik terverifikasi, atau jika tidak ada pengguna akan dapat mengakses properti. Pemilik yang diverifikasi akan memverifikasi kepemilikannya atas properti tersebut, dan semua pemilik yang telah ditambahkan oleh pemilik yang diverifikasi melalui Search Console akan menjadi pemilik yang didelegasikan. Pemilik yang didelegasikan tidak akan pernah memverifikasi kepemilikannya atas properti, dan dapat menambahkan lebih banyak pemilik yang didelegasikan.

Pengguna dapat melihat semua data saat mengambil beberapa tindakan, tetapi tidak dapat menambahkan lebih banyak pengguna — pengguna harus ditambahkan oleh pemilik. Pemilik penuh memiliki hak atas sebagian besar data dan dapat mengambil beberapa tindakan, sementara pengguna terbatas hanya memiliki hak tampilan sederhana untuk sebagian besar data.

Associate adalah properti Google yang dikaitkan dengan situs web melalui Search Console. Seseorang dapat meminta untuk menjadi rekanan dengan situs web melalui Search Console, dan mereka akan diberikan kemampuan yang spesifik untuk jenis hal yang berhubungan dengan mereka. Misalnya, terkait dengan aplikasi seluler dengan situs web akan memberi tahu Google Penelusuran untuk menunjukkan hasil yang ditautkan ke titik aplikasi tersebut dan bukan ke situs web jika diperlukan.

MENGELOMPOKKAN PROPERTI MENJADI SET


Dimungkinkan untuk mengelompokkan hingga 200 properti menjadi satu properti kolektif tunggal, yang dikenal sebagai set properti. Set properti ini mampu mengandung properti dari jenis lain, kecuali set lainnya. Set properti akan menampilkan semua data untuk setiap properti anggota. Set properti akan muncul dalam daftar properti di dalam akun. Ini adalah aturan dasar tentang set properti:

Anda tidak dapat menambahkan set sebagai anggota set lain, tetapi Anda dapat menambahkan jenis properti lainnya yang telah diverifikasi.
Anda harus menjadi pengguna terverifikasi (atau sesuatu yang lebih besar) pada semua anggota yang ditetapkan jika Anda ingin memiliki akses ke perangkat tersebut.


Anda dapat menambahkan hanya properti terverifikasi dari akun Anda sendiri ke set.
Jika Anda kehilangan akses atau verifikasi ke properti apa pun dalam satu set, seluruh set akan menjadi tidak dapat diakses oleh Anda. Meski begitu, data masih akan dikumpulkan untuk set, dan setelah Anda diverifikasi Anda akan dapat melihat data lagi untuk set.
Dimungkinkan untuk satu set untuk memiliki satu pemilik dan tidak ada pengguna.


Set akan mendukung sebagian dari laporan dan alat yang tersedia untuk jenis properti lainnya.


Data set hanya dapat dilihat sebagai agregat, dan ketika Anda melihat data tayangan untuk set yang berisi beberapa properti, Anda akan ditampilkan total tayangan untuk semua. Jika Anda ingin melihat total tayangan hanya untuk salah satu properti, properti itu harus dialihkan dalam Search Console.

MEMBUAT SET PROPERTI
Ketika set properti baru sedang dibuat, ingat bahwa Anda harus (paling tidak) pengguna terbatas yang diverifikasi untuk semua properti anggota dalam set. Ada batas hanya 200 properti dalam satu set.

Anda harus mengeklik Buat set di halaman beranda Search Console. Anda akan memiliki opsi untuk mengubah nama set baru. Anda juga dapat menambahkan anggota ke set dari properti terverifikasi yang ada dalam akun. Simpan set baru, dan mengklik batal tidak akan membuat set tidak dibuat. Untuk menghapus set, Anda harus kembali ke halaman beranda dan kemudian menghapusnya dari daftar properti. Mungkin butuh beberapa hari untuk melihat data untuk set baru, setelah perubahan diterapkan.

MENGEDIT SET PROPERTI
Jika Anda ingin menambah atau menghapus set anggota, mengubah nama atau atribut lainnya, Anda akan menemukan set di halaman beranda Search Console, dan kemudian klik Kelola set, lalu Edit set. Ketika seorang anggota ditambahkan atau dihapus dari set properti, data dari anggota tersebut tidak akan diedit dalam sejarah data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *