Mengenal Link Building Dalam SEO dan Cara Membuatnya

Mengenal Link Building Dalam SEO dan Cara Membuatnya –

Dalam bab 6 panduan SEO untuk pemula kami, kami akan membahas pembuatan tautan – salah satu aspek terpenting dari optimasi mesin pencari. Mari belajar bagaimana Anda dapat membangun profil tautan yang berkualitas.

Pembuatan tautan adalah proses mendapatkan tautan dari situs web lain. Dari sudut pandang teknis, tautan balik adalah tautan hiperteks yang berfungsi sebagai navigasi di antara situs web. Tautan dirayapi oleh mesin pencari yang memungkinkan mereka untuk mengindeks konten web.

Mengapa membangun tautan begitu penting bagi jasa seo ?
Mesin pencari menggunakan tautan untuk menjelajahi situs web baru dan untuk mengatur peringkat keseluruhan situs web di SERP. Dengan kata lain, mereka mengeksplorasi konten baru dan menentukan otoritas situs web berdasarkan otoritas yang dilewatkan dari sumber eksternal.

link building

Ini berarti bahwa profil tautan situs web adalah salah satu faktor peringkat paling penting.

Ketika Google memperkenalkan PageRank pada 1990-an, jumlah backlink digunakan sebagai metrik penting dari peringkat keseluruhan. Semakin banyak tautan yang Anda peroleh, semakin baik peringkat Anda.

Karena ini dapat dengan mudah disalahgunakan, beberapa pembaruan algoritma Google berfokus pada hukuman dari teknik membangun tautan yang teduh.

Saat ini, pembuatan tautan bukan lagi tentang jumlah backlink, tetapi kebanyakan tentang kualitas dan relevansi.

Jenis-jenis backlink ( SEO Off Page )
Secara umum, ada dua jenis backlink:

Tautan ikuti-ikuti lulus otoritas dari halaman yang menghubungkan ke halaman yang ditautkan. Otoritas ini juga sering disebut “jus tautan”.
Tautan balik tanpa-ikuti tidak mencetak poin apa pun ke situs web yang ditautkan. Mereka tidak lulus otoritas karena tag HTML rel = “nofollow” yang memberi tahu crawler untuk tidak menghitungnya.

Dalam ilustrasi di atas, Site A link ke kedua situs B dan Site C . Tetapi hanya tautan ke Situs B yang melewati “jus tautan”. Yang lain memiliki tag no-follow, sehingga tidak ada otoritas diteruskan ke Situs C .

Tautan tanpa ikuti tidak memiliki nilai dari sudut pandang SEO.

Jangkar teks
Teks jangkar adalah bagian hyperlink yang terlihat dan dapat diklik. Ini membantu crawler untuk menunjukkan tentang apa halaman yang ditautkan.

Jika lebih banyak halaman menghubungkan Anda dengan istilah-istilah tertentu yang digunakan dalam teks jangkar, ini dapat membantu Anda menentukan peringkat untuk istilah-istilah ini di mesin pencari.

Nah, yang saya butuhkan adalah banyak backlink dengan kata kunci fokus saya sebagai jangkar teks, kan?

Ini tidak semudah itu. Profil teks jangkar yang terlalu dioptimalkan dapat menyebabkan hukuman algoritmik oleh Google. Lebih baik membiarkan teks-teks anchor menjadi alami daripada mencoba mengubah mereka secara artifisial.

Aspek kualitas backlink
Google mempertimbangkan banyak aspek kualitas dari situs web pengarah:

Otoritas Domain
Otoritas Halaman
Metrik kualitas profil tautan lainnya
Ada beberapa metrik oleh Moz dan Majestic yang membantu kami mengevaluasi / memperkirakan kualitas-kualitas ini:

Otoritas Halaman Moz (PA)
Otoritas Domain Moz (DA)
Majestic Trust Flow (TF)
Majestic Citation Flow (CF)
Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi kualitas backlink.

Ketika kita melihat “Aliran Kepercayaan dan“ Aliran Kutipan ”Majestic, kami akan mendapatkan evaluasi tautan lainnya.

Yang disebutkan pertama mengatakan bahwa situs yang terkait erat dengan situs benih tepercaya dapat melihat skor lebih tinggi, sedangkan situs yang mungkin memiliki beberapa tautan yang dipertanyakan akan melihat skor yang jauh lebih rendah. Citation Flow memperkirakan seberapa besar pengaruh suatu URL berdasarkan berapa banyak situs yang menautkannya.

Relevansi
Tautan yang merujuk ke situs web harus relevan dengan kontennya. Tautan balik dari toko pakaian tidak akan berguna bagi Anda jika Anda menulis blog tentang resep.

Tautan penempatan
Tautan yang ditempatkan di artikel atau bagian utama lebih baik daripada tautan di footer dan sidebars. Tautan tunggal cenderung lebih berharga daripada tautan di seluruh dunia.

Tautan di seluruh situs muncul di semua halaman situs web. Mereka biasanya di footer, header, sidebar, atau blogrolls. Tautan sitewide sangat bagus untuk membangun tautan internal dan eksternal.

Mereka dapat menghasilkan banyak traffic. Jangan takut oleh mereka tetapi pastikan untuk hanya menggunakan tautan alami dan perlu diingat bahwa potensi SEO mereka mungkin sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan tautan tunggal.

Selain aspek yang disebutkan di atas, kita perlu mempertimbangkan kesegaran tautan, kualitas jangkar, popularitas, dan sinyal sosial.

Menghubungkan strategi pembangunan
Tidak mudah memperoleh backlink berkualitas tinggi. Teknik-teknik yang paling sederhana (tautan timbal balik atau pengiriman direktori) tidak berfungsi lagi, sehingga SEO menghabiskan banyak waktu untuk mencoba pendekatan yang berbeda.

Mari kita lihat apa yang paling berhasil hari ini:

Posting tamu
Posting tamu mungkin adalah teknik membangun tautan yang paling populer. Persamaannya sederhana: Anda menulis posting dan menerbitkannya di situs web lain. Situs web akan mendapatkan konten gratis dan Anda akan mendapatkan backlink gratis. Menang-menang.

Tentu saja, semuanya bermuara pada kualitas. Jika Anda ingin backlink yang baik, Anda perlu membawa A-game Anda dalam hal kualitas posting tamu. Popularitas teknik ini berarti bahwa setiap orang menggunakannya dan ada terlalu banyak posting tamu yang buruk dan email penjangkauan yang buruk. Inilah yang harus Anda ingat ketika melakukan kampanye penjangkauan posting tamu:

Jangan gunakan templat
Jadilah pribadi
Menawarkan topik yang relevan dan diteliti dengan baik
Tautan balik pesaing
Strategi yang memakan waktu tetapi masih cukup efektif adalah menemukan apa yang berhasil untuk yang lain. Periksa situs web yang menautkan ke pesaing Anda, buat konten yang lebih baik dan hubungi orang yang relevan di balik situs web ini untuk menautkan ke situs web Anda.

Cara termudah untuk menemukan backlink pesaing Anda adalah dengan menggunakan alat backlink seperti LinkMiner . Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan domain pesaing Anda dan alat akan menunjukkan kepada Anda backlink yang mereka miliki.

Teknik topi hitam dan hukuman
Tautan balik berbayar dan tautan PBN (Jaringan Blog Pribadi) adalah cara lain untuk membangun tautan balik tetapi teknik ini dianggap sebagai topi hitam (atau topi abu-abu). Google dapat mendeteksi pola dan menghukum situs web Anda.

Di sisi lain, teknik ini berhasil. Anda hanya perlu sangat berhati-hati dan memikirkan semua risiko yang mungkin terjadi sebelum mengambil jalur topi hitam 🙂

Hukuman
Pembaruan algoritma Google Penguin mulai April 2012 mulai mendeteksi dan menghukum tautan yang buruk, spam, atau berkualitas rendah.

Namun, jika Anda memiliki spam atau backlink berkualitas rendah yang tidak Anda buat, jangan panik! Google memahami bahwa tidak semua backlink buruk dibuat dengan sengaja dan biasanya, skenario terburuknya adalah ia hanya akan mengabaikan backlink ini. Jika Anda ingin memastikan, Anda masih bisa menolak backlink seperti itu di Search Console.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *