Optimalkan Situs Web Anda Untuk SEO Menggunakan Google Analytics

Optimalkan Situs Web Anda Untuk SEO Menggunakan Google Analytics


Optimisasi Mesin Pencari. Bagi banyak dari kita, tiga kata ini menggantung di kepala kita setiap hari. Mereka adalah kata-kata yang membingungkan dan membingungkan, dan bagi banyak pemasar dan pemilik bisnis, mulai mengoptimalkan SEO adalah salah satu hal terakhir yang Anda putuskan untuk diurus.

Tapi, kecuali Anda memiliki perusahaan jasa seo yang sangat menguntungkan dengan staf ahli SEO, “merawatnya” mungkin berarti memasang Yoast atau Squirrely dan berharap yang terbaik. Atau, jika Anda memilikinya dalam anggaran Anda, Anda mungkin telah menyewa Perusahaan SEO kecil … dan berharap yang terbaik.

Terlepas dari strategi mana yang Anda gunakan dengan cara agar web bisnis masuk page 1 Google, sebagai pemilik bisnis atau pemasar, Anda perlu melakukannya pantau hasilnya untuk memahami jika apa yang Anda lakukan adalah memengaruhi hasil pencarian Anda, memberi Anda traffic berkualitas, dan mengonversi lead Anda.

Untunglah, Google Analytics (GA) dapat membantu kami memahami bagaimana strategi pencarian kami (atau kurangnya strategi) bekerja dan memberi kita wawasan tentang apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

seo analytics

Anda harus mulai dengan melakukan pemeriksaan SEO cepat untuk memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya, dan bahwa situs Anda ramah SEO dan diatur untuk Google dan mesin pencari lainnya untuk mengindeks dengan benar.

Kemudian, Anda dapat mulai menyelam ke dalam laporan dan menambahkan beberapa penyesuaian untuk menelusuri detail yang menunjukkan kepada Anda bagaimana strategi SEO Anda bekerja, dan membuat beberapa keputusan berpendidikan tentang apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Periksa SEO


Jika ini adalah pertama kalinya Anda mulai mencari dalam-dalam SEO Anda maka silahkan baca panduan seo untuk pemula , Anda perlu memeriksa beberapa hal terlebih dahulu untuk memastikan situs Anda berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Pertama, periksa Akuisisi -> Laporan Saluran dan klik “lalu lintas organik” untuk melihat SEO Anda selama periode waktu tertentu (satu tahun atau lebih jika mungkin.)
    Jika Anda seorang blogger atau pemasar konten, Anda akan melihat beberapa naik dan turun, tetapi sebagian besar, situs Anda harus mengarah pada tren naik.
  2. Periksa untuk melihat bagaimana Google mengindeks halaman situs Anda.
    Berikut adalah trik yang rapi untuk membantu upaya optimasi SEO Anda …

Buka Google dan ketikkan: “situs: mysite.com” (tentu saja, Anda akan memasukkan situs Anda yang sebenarnya, bukan mysite.com ).

Ini menunjukkan kepada Anda berapa banyak halaman yang dilihat Google di situs Anda. Jika angka ini lebih rendah dari yang Anda harapkan maka mungkin ada sesuatu yang salah dengan cara Google merayapi situs Anda. (Petunjuk: periksa file robot.txt Anda)

Jika ini menunjukkan lebih dari yang seharusnya, Anda harus melakukannya menyelidiki dan pergi melalui indeks yang disediakan untuk melihat halaman apa yang muncul yang tidak Anda sadari, dan jika ada masalah dengan peretasan, plugin, atau masalah lainnya membuat halaman yang tidak Anda ketahui.

3 Google membenci situs lambat (dan begitu juga pengguna Anda), jadi pastikan untuk memeriksa dan meningkatkan kecepatan situs Anda jika perlu.
Pergi ke Perilaku -> laporan ikhtisar kecepatan situs dan periksa berapa lama waktu yang diperlukan untuk memuat situs Anda di browser tertentu. Kecepatan Situs: Laporan Pengaturan Waktu Halaman akan memberi Anda kecepatan halaman individual.

  1. Pastikan “konsol pencarian” diatur dengan benar.
    Dengan begitu, Anda dapat melihat data dalam Laporan “Search Engine Optimization”. Lihat di Akuisisi -> Optimasi Mesin Pencari dan pastikan Anda telah menyiapkan konsol pencarian.
    Jika Anda belum menghubungkan situs Anda ke Google Search Console , Anda harus melakukan ini sebelum Anda dapat mengaktifkan konsol pencarian dan tautan ke Google Analytics (GA) Anda.

Penting untuk melalui langkah-langkah ini dan verifikasi Anda melakukan sebanyak mungkin untuk meningkatkan cara situs Anda dirayapi dan diindeks oleh Google. Setelah Anda mengatur semuanya untuk Google, juga penting untuk menyiapkan Alat Webmaster untuk Bing dan Yahoo juga.

Sekarang kami telah memastikan situs Anda SEO sehat, saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa laporan yang akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut dan mengoptimalkan situs Anda di masa depan untuk membantu meningkatkannya di peringkat.
Sekarang Anda telah berkeliaran dalam laporan ini, ini adalah waktu yang tepat untuk bermain dengan metrik, dimensi, dan rentang tanggal lainnya!

Google Analytics memberi kami beberapa cara untuk menemukan data. Saat Anda menggunakan data itu, Anda akan mulai memahami wawasan yang bisa Anda peroleh dan perubahan yang bisa Anda lakukan.

Meskipun Optimasi Engsel Pencarian adalah bidang yang sulit untuk dikuasai, itu sangat penting untuk keberhasilan situs dan bisnis Anda. Menguasai keterampilan menggunakan banyak laporan akan memberi Anda keunggulan pada pesaing Anda.


Google Analytics adalah tempat yang bagus untuk memulai ketika Anda siap untuk mengoptimalkan peringkat SEO untuk situs Anda. Tapi itu bukan satu-satunya tempat! Lihat lebih lanjut tentang pengoptimalan SEO di MOZ.com . Mereka memiliki beberapa alat, laporan, dan blog gratis yang luar biasa (dan berbayar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *